Obyek Wisata Martapura

“Pusat Perbelanjaan Permata Martapura”

Pusat pertokoan yang menyediakan atau menjual aneka intan permata, batu-batu khas kalimantan dan juga souvenir kerajinan kalimantan.

 

“Makam KH Muhammad Zaini Abdul Ghani”

komplek makam yang terletak di jalan Sekumpul Martapura,  didalamnya terdapat Musholla Ar Raudhah yang artistik megah dan mewah, makam terlekat dibelakang masjid, pengunjung yang datang dibagi dua, bagi laki di depan dan perempuan di samping, perempuan yang memakai celana panjang, diharuskan memakai kain yang tersimpan di salah satu ruang ganti. Makam yang bersih berpagar dan bertutup kain terletak ditengan ruang, pengunjung yang datang lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki.Kubah makam KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih akrab disebut Guru Ijai atau Guru Sekumpul, yang terletak di bagian depan kiri Musholla Ar Raudhah, juga tak pernah sepi dari penziarah. Ulama dari Martapura ini semasa hidupnya dikenal merupakan ulama karismatik dalam berdakwah dan menyebarkan syiar Islam di Kalsel. Guru Sekumpul juga masih zuriat atau keturunan dari ulama besar Banjar, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan.

 

“Masjid Al-Karomah Martapura”

Masjid yang dijadikan sebagai pusat Kerajaan Banjar, Martapura tercatat menjadi saksi 12 sultan yang memerintah. Pada waktu itu Mesjid berfungsi sebagai tempat peribadatan, dakwah Islamiyah, integrasi umat Islam dan markas atau benteng pertahanan para pejuang dalam menantang Belanda.

 

“Rumah Adat banjar”

Rumah adat banjar ada 2 model yaitu Rumah adat banjar (Gajah Baliku dan Bumbungan Tinggi). Rumah adat yang berusia 150 tahun letaknya di desa teluk selong Martapura.

Leave a comment